Halo Sahabat SHIMIZU suka main basket? Ternyata kegitan memasukkan bola basker ke dalam ring lawan ini ternyata punya banyak sisi unik dan menarik. Salah satunya kalau bicara soal olahrag basket, tentu ada hal-hal menarik lain seputar olahraga tersebut. Bisa jadi, kamu yang suka main basket, malah baru tahu ada fakta-fakta menarik ini. Apa saja? Yuk simak berikut 5 Fakta dibawah berikut :

1. Basket Ditemukan Karena Musim Dingin!

Apa hubungannya olahraga basket dengan hujan? Ternyata basket kali pertama dikenalkan oleh seorang guru olahraga bernama James Naismith pada tahun 1891. Disebutkan, Naismith mencari olahraga apa yang bisa dilakukan agar kelas olahraganya tetap ramai ketika musim dingin . Lalu, ia berinisiatif memainkan bola yang kemudian dikenal sebagai Olahraga Basket.

2. Pemain Basket Dulu dikurung di Lapangan

Setiap kali bermain basket di awal tahun 1900-an, para pemain masuk ke lapangan yang ada semacam pagar dari kawat kurungan ayam. Ini untuk membatasi pemain agar tidak menjatuhi penonton. Hasilnya, malah banyak pemain yang jadi cidera karena menabrak kurungan pembatas ini.

3. Ring Bola Basket Dulu Tidak Berlubang

Awalnya ring untuk memasukkan bola basket berupa ember untuk mengambil buah persik. Karena itu setiap kali bola masuk ke keranjang seseorang harus mengambil bolanya lagi untuk kembali dimainkan. Baru pada awal tahun 1900-an, ring basket dibuat dengan jaring yang bawahnya berlubang.

4. Bola Yang Digunakan Awalnya Adalah Bola Sepak

Pada kisaran tahun 1891 hingga 1950, bola yang dipakai adalah bola sepak. Karena licin, para pemain harus menggosokkan kapur atau debu batubara agar bisa memegang bola lebih baik.

5. Penonton Pria Pernah Dilarang Menonton Pemain Wanita

Pada tahun 1893 ketika olahraga basket untuk wanita pertama kali dikenalkan, saat itu penonton pria dianggap tidak pantas melihat para wanita berolahraga. Itulah mengapa sepanjang pertandingan, ruangan menuju lapangan dikunci dari dalam. Nah Sahabat SHIMIZU itu dia 5 fakta menarik mengenai olahraga basket ketika pertama kali dibuat.