Hallo Sahabat Shimizu!

Penyebaran virus corona atau covid-19 memang sangat cepat dan virus ini juga sangat berbahaya. Virus ini telah menyebar hampir di 93 negara di dunia dengan 5 negara dengan korban terbanyak ialah China, Amerika, Spanyol, Italia dan Iran.

Tidak hanya itu Virus Covid-19  kini juga sudah menghantui negara kita Indonesia. Virus ini mudah sekali menyebar terutama bagi mereka yang lansia dan anak – anak, apalagi jika mereka memiliki riwayat penyakit lain seperti jantung, diabetes atau bahkan kanker paru – paru. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, lansia atau orang usia lanjut dengan kondisi medis tertentu akan lebih mudah terinfeksi oleh Virus Covid-19 karena mereka memiliki kekebalan tubuh yang lebih rendah.

Pemerintah Indonesia sendiri sudah menyerukan untuk para masyarakat melakukan Social Distancing / Physical Distancing guna mengurangi penyebaran Virus Covid-19 ini. Masyarakat juga dihimbau untuk tidak keluar rumah jika memang tidak terlalu penting, tetapi jika diharuskan tetap berada diluar rumah ada beberapa cara yang bisa Sahabat Shimizu lakukan untuk mencegah tertularnya Virus Covid-19  ini:

Menggunakan Masker

Ada dua jenis masker yang bisa Sahabat pilih untuk digunakan yaitu masker bedah dan masker N95. Masker bedah merupakan masker sekali pakai yang banyak umum digunakan. Meski masker ini tidak sepenuhnya efektif dalam mencegah paparan kuman namun penggunanaannya tetap bisa menurunkan risiko penyebaran penyakit infeksi, termasuk corona. Penggunaan masker ini lebih disarankan untuk orang yang sedang sakit untuk mencegah penyebaran virus dan kuman.

Selain itu ada masker N95 dimana masker ini merupakan jenis masker yang dirancang khusus untuk menyaring partikel berbahaya di udara. Jenis masker ini memang direkomendasikan untuk mencegah infeksi virus corona, tetapi masker ini kurang nyaman untuk digunakan sehari – hari dan harganya yang sedikit lebih mahal.

Ingat juga setelah Sahabat Shimizu menggunakan kedua jenis masker ini disarankan untuk tidak membukanya dengan cara memegang pada bagian maskernya, bukalah dengan cara melepas dari bagian talinya. Sesudahnya cuci tangan bersih menggunakan sabun.

Mencuci Tangan

Menjaga kebersihan tangan dengan mencuci tangan adalah cari paling sederhana namun efektif dalam mencegah penyebaran Virus Covid-19. Cucilah tangan dengan air mengalir dan sabun, setidaknya selama 20 detik. Pastikan seluruh permukaan tangan dicuci hingga bersih seperti pada bagian punggung tangan, jari tangan, pergelangan tangan dan kuku. Setelahnya bilas dengan air dan keringkan dengan tisu atau handuk.

Jika Sahabat Shimizu sedang berada diluar dan sulit untuk menemukan tempat mencuci tangan, Sahabat Shimizu bisa menggunakan hand sanitizer sebagai penggantinya. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan tangan. Cucilah tangan sebelum dan sesudah makan, sesudah menggunakan toilet, setelah menyentuh hewan, buang sampah, batuk ataupun bersin. 

Menjaga Daya Tahan Tubuh

Menjaga daya tahan tubuh bisa menjadi salah satu pencegahan dari penyebaran Virus covid-19 ini. Sahabat Shimizu disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat seperti buah – buahan, sayuran, makanan berprotein seperti ikan, daging dan telur. Lengkapi juga dengan konsumsi suplemen atau vitamin sesuai dengan anjuran dokter.

Rutin berolahraga, tidur cukup, tidak merokok dan tidak mengonsumsi alkohol juga akan meningkatkan daya tahan tubuh. selain itu berjemur dibawah sinar matahari pagi juga akan membantu memperkuat imun tubuh kamu loh Sahabat Shimizu.

Hindari Kontak Fisik

Penyebaran virus ini memang sangat mudah salah satunya dari kontak fisik. Hindari berkontak fisik dengan orang lain terutama yang sedang sakit atau terlihat kurang fit. Dianjurkan juga untuk melakukan Social Distancing. Katie Pearce dari John Hopkins University, menyatakan social distance sebagai praktik kesehatan masyarakat guna mencegah penularan penyakit.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menambahkan, jika social distance dalam menghindari Covid-19 juga bisa dilakukan dengan menjaga jarak sekitar 1 – 2 meter dengan orang di sekitar kamu Sahabat Shimizu.

Hindari Keramaian

Karena penyebaran virus yang sangat cepat dan mudah Sahabat Shimizu sangat disarankan untuk menghindari tempat – tempat keramaian, wilayah yang terjangkit atau negara yang terjangkit. Menghindari hal tersebut bertujuan untuk mengurangi angka tertularnya Virus Covid-19 ini.

Jika Sahabat Shimizu merasa memiliki gejala tetapi masih dalam batas wajar dan sekiranya belum membutuhkan tenaga medis untuk menanganinya jangan terburu – buru untuk datang ke rumah sakit, Sahabat Shimizu disarankan untuk mengisolasi diri di rumah hingga benar – benar sembuh dan konsumsi obat – obatan sesuai anjuran dokter. Seperti obat pereda demam ataupun batuk pilek. Jika dirasa perlu bantuan medis, segeralah pergi ke rumah sakit untuk mendapat tindakan lebih lanjut.