Hallo Sahabat Shimizu! Faktanya bau badan memang tidak nyaman, selain tidak nyaman untuk diri sendiri hal ini juga bisa mengganggu orang sekitar. Selain itu bau badan akan mengganggu aktivitas Sahabat. Bau badan yang tidak sedap juga bisa diindikasikan bahwa Sahabat sedang sakit.

Bau badan dihasilkan dari kelenjar keringat. Biasanya keringat tidak memiliki bau, tetapi jika terlalu lalu bersentuhan dengan kulit bahkan sampai berjam – jam akan menimbulkan masalah bau badan. Pada kulit ada bakteri yang tumbuh secara alamiah, bakteri ini akan berkembang dengan cepat dan menimbulkan bau yang tidak sedap jika bergabung dengan keringat.

Pada tubuh manusia memiliki 2 kelenjar penting yaitu kelenjar accrine dan kelenjar apokrin. Dimana kelenjar accrine merupakan tempat dimana kelenjar bening dan tidak berbau dihasilkan sejak bayi. Sedangkan kelenjar accrine merupakan kelenjar yang menghasilkan keringat yang berguna untuk menurunkan suhu tubuh pada waktu tertentu dan kelenjar ini juga menghasilkan keringat yang berbau.

Selain dari berkeringat bau badan juga bisa ditimbulkan dari hal lain seperti adanya infeksi atau penyakit, dari makanan yang di konsumsi, mengonsumsi obat – obatan tertentu ataupun adanya gangguan metabolisme. Tetapi bau badan bisa dihindari dan diatasi, bagaimana caranya? Simak 7 tips berikut agar Sahabat terlepas dari masalah bau badan:

Daun Sirih

Daun sirih dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit karena kandungan yang dimilikinya seperti vitamin c, tiamin, niacin, riboflavin, dan karoten. Daun sirih bisa menjadi salah satu cara yang efektif untuk menghilangkan bau badan dan keringat berlebih secara cepat. Dengan cara mencampurkan air rebusan daun sirih dengan air untuk Sahabat mandi. Lakukan rutin setiap hari agar bau badan cepat menghilang.

Baking Soda

Cara lain untuk menghilangkan bau badan secara alami adalah dengan menggunakan baking soda. Baking soda memiliki sifat yang dapat menetralkan asam dan basa sehingga dapat menghilangkan bau badan secara alami. Dengan cara mengaplikasikan baking soda langsung di bagian – bagian yang Sahabat merasa sering berkeringat. Diamkan 5 – 10 menit kemudian mandi seperti biasa. 

Sabun Antiseptik

Sabun antiseptik sudah banyak jenisnya di pasaran. Sahabat bisa memilih sendiri sabun antisepti sesuai dengan kebutuhan. Dengan menggunakan sabun antiseptik akan membunuh kuman dan bakteri di tubuh lebih banyak di bandingkan dengan sabun biasa dan memjadikan tubuh lebih segar.

Rajin Mencukur Bulu Ketiak Secara Rutin

Mencukur bulu ketiak secara rutin bisa menjadi salah satu cara mengatasi bau badan. Faktanya rambut yang berada di ketiak bisa menjadi sarang bakteri penyebab bau badan. Sahabat bisa melakukan medical treatment untuk membersihkan bulu ketiak seperti waxing.

Ganti Pakaian Secara Teratur

Malas untuk mengganti pakaian bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya bau badan. Keringat yang melekat pada pakaian bisa saja sudah mengandung bakteri dan ketika akan digunakan kembali pakaian tersebut akan menimbulkan bau badan yang tidak sedap. Hindari menggunakan pakaian berulang tapa dicuci bersih terlebih dahulu.

Mandi dengan Teratur

Membersihkan tubuh secara teratur dan baik akan menjadi salah satu langkah mudah untuk menghilangkan bau badan. Disarankan untuk mandi sehari 2 kali, di pagi dan malam hari dan juga setelah menglaukan aktifitas berat yang membuat tubuh berkeringat. Guna sabun antiseptik agar dapat membunuh kuman 2x lipat lebih baik dari sabun biasa.

Minum Jahe Hangat

Tumbuhan jahe memang dikenal memiliki manfaat untuk tubuh salah satunya untuk mengatasi bau badan yang tidak sedap. Sahabat bisa mencampirkan pada makanan ataupun diolah menjadi minuman nikmat seperti wedang jahe atau juga teh jahe.

Mengonsumsi Daun Kemangi

Daun kemangi memiliki kandungan minyak atsiri yang bermanfaat untuk mengatasi bau badan. Daun kemangi juga dikenal sebagai antiseptik yang ampuh mengatasi kuman dan bakteri. Sahabat bisa mengonsumsi secara langsung daun kemangi sebagai lalapan atau dikeringkan dan dijadikan sebagai the kemangi untuk mengatasi bau badan.

Photo: fatherly.com