Hallo Sahabat Shimizu!

Mandi atau membersihkan diri merupakan kebutuhan harian yang pasti dilakukan setiap orang, dan tahukah Sahabat Shimizu bahwa mandi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh loh. Air yang digunakan untuk mandi memiliki 2 jenis yaitu air panas dan juga air dingin, dimana masing-masing memiliki manfaat tersendiri yang berdampak bagi tubuh kita.

Memilih air untuk mandi harusnya disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan masing – masing individunya. Berikut beberapa perbedaan manfaat mandi dengan air panas atau air dingin.

Mandi Air Panas

Meredakan Hidung Tersumbat

Mandi dengan air panas dipercaya dapat meredakan hidung tersumbat. Uap yang dihasilkan air hangat akan melancarkan pernafasan dan membuat hidung lebih lega. Disarankan untuk menggunakan campuran rempah atau essensial oil untuk tambahannya.

Menghilangkan Stress

Untuk kalian yang sedang merasa gelisah dan banyak pikiran, mandi air hangat bisa menjadi salah satu solusinya. Mandi dengan air panas akan membantu merangsang otak untuk memproduksi hormon oksitosin, dimana hormon ini akan membuat perasaan Sahabat lebih senang dan positif.

Melemaskan Otot yang Kaku

Letih bekerja seharian akan membuat otot kaku dan tegang. Dalam kondisi ini mandi dengan air panas dipercaya dapat melemaskan otot dan menjadikan badan lebih rileks.

Melancarkan Peredaran Darah

Salah satu manfaat mandi air panas adalah memperlancar peredaraan darah. Akan lebih baik jika mandi menggunakan pancuran dengan air yang stabil, berdiri dibawah pancuran selama 3 – 5 menit akan memperlancar sirkulasi pada arteri dan pembulu darah.

Mandi Air Dingin

Menjaga Kesehatan Rambut dan Kulit

Mandi dengan air dingin juga memiliki manfaat bagi tubuh, salah satunya membuat rambut lebih halus dan bercahaya. Selain itu mandi dengan air dingin juga akan memberi kelembapan pada kulit dan mengenyalkan kulit.

Meningkatkan Konsentrasi

Mandi dengan air dingin dipercaya dapat meningkatkan konsentrasi Sahabat Shimizu. Air dingin akan mengirimkan impuls – impuls elektrik pada otak yang menjadikan otak lebih segar dan aktif kembali. Selain itu otak akan memproduksi hormon beta-endorfin yang bisa membuat Sahabat Shimizu merasa lebih baik.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Fakta menarik lain mandi dengan air dingin ialah dapat membantu memperkuat daya tahan tubuh. Sebabnya ketika Sahabat Shimizu mandi menggunakan air dingin tubuh akan memproduksi berbagai protein yang dibutuhkan oleh sistem imun guna melawan berbagai virus dan bakteri penyebab penyakit.