Hallo Sahabat Shimizu! Taukah kamu khasiat dari olahraga yoga? Yoga adalah sebuah penyatuan antara jiwa spiritual dan jiwa universal yang bergerak secara sistematis dalam melakukan latihan rohani guna mencapai ketenangan jiwa. Latihan fisik pada yoga juga betujuan untuk menjaga kesehatan jasmani dan rohani.

Awalnya oalhraga yoga hanya dilakukan untuk kegiatan meditasi, tapi beberapa tahun belakang ini yoga menjadi salah satu olahraga populer karena selain bisa menenangkan pikiran olahrga ini juga mampu membakar kalori dan menyembuhkan beberapa macam penyakit seperti jantung, nyeri sendi dan melawan stress.

Jenis – jenis Yoga:

Restorative Yoga

Yoga ini membutuhkan mat, blok, dan bantak untuk melakukannya. Memiliki 5 sampai 6 gerakan. Yoga ini memiliki efek menenangkan dan menyegarkan pikiran. Melancarkan aliran darah, detak jantung lebih stabil dan sistem saraf menjadi lebih tenang.

Hot Yoga

Yoga biasanya dilakukan di dalam ruangan dengan suhu ruangan mencapai 40 sampai 45 derajat celcius. Memiliki 26 rangkaian gerakan, hal ini akan berdampak pada pembakaran kalori yang lebih besar dan menguras banyak keringat. Setelah yoga kamu akan merasakan peningkatan fleksibilitas yang meningkat, perubahan otot dan tubuh yang lebih kencang.

Ashtanga Yoga

Yoga jenis ini bisa dikatakan lebih sulit dari jenis yoga lainnya, karena membutuhkan tingkat konsentrasi yang tinggi. Smengontrol sinkronisasi pernafasan guna membersihkan racun – racun dari dalam tubuh. Efek dari yoga ini akan membuat kami lebih lentur dan mentalmu menjadi lebih tenang.

Iyengar Yoga

Kekuatan dan daya tahan tubuh menjadi dasar awal dari Iyengar yoga. Kamu membuthkan tali, bantal dan blok untuk bisa melakukan yoga ini. Yoga ini akan memberikan efek sebagai terapi penyembuhan penyakit tertentu seperti insomnia dan migrain. Selain itu kamu akan merasakan aliran pernafasan yang lebih lancar, lebih konsentrasi dan daya tahan tubuh meningkat.

Kundauni Yoga

Yoga jenis ini dikenal sebagai yoga kesadaran. Berfokus pada penekanan pada aliran dan pernafasan. Menggunakan teknik pernapasan dengan cara bernapas cepat dan ritmis. Bermanfaat untuk meningkatkan spiritual.

Power Yoga

Perkembangan dari Ashtanga Yoga, dan biasa disebut sebagai gym yoga karena menggambungkan antara gerakan peregangan, latihan kekuatan dengan meditasi. Bermanfaat untuk menguatkan otot.

Dari beberapa jenis yoga yang sudah kita bahas diatas, simak beberapa khasiat yang diberikan dari olahraga yoga:

  • Mengurangi stres
  • Meningkatkan kebugaran
  • Membantu mengatasi masalah kesehatan
  • Sakit punggung
  • Meringankan efek setelah mabuk
  • Mengurangi masalah asma
  • Membakar lemak dalam tubuh