Hallo Sahaba Shimizu! Kalian tau apa itu Dehidrasi? Dehidrasi adalah kondisi dimana tubuh kita kehilangan cairan lebih banyak dibandingkan dengan cairan yang masuk ke dalam tubuh kita. Ketidak seimbangan jumlah cairan dalam tubuh dapat mempengaruhi kadar kandungan lain dalam tubuh Sahabat, seperti kadar garam dan gula, hingga mungkin dapat menyebabkan darah menggumpal. Sering kali rasa haus datang ketika Sahabat sudah mengalami dehidrasi. Setiap orang memiliki gejala yang berbeda ketika dehidrasi terjadi.

Dalam tubuh manusia yang sehat normalnya adalah lebih dari 60% total berat badan. Kandungan air berfungsi untuk membantu kerja sistem pencernaan, mengeluarkan kotoran dan racun, sebagai pelumas dan bantalan untuk persendian, melembapkan jaringan – jaringan pada tenggorak, telinga dan hidung, dan sebagai media transportasi nutrisi untuk sel – sel dalam tubuh.

Bahaya dehidrasi bagi tubuh

Rasa haus yag berlebih

Ketika tubuh mengalami kekurangan cairan hal yang pertama akan dirasakan adalah rasuh haus yang berlebih. Karena cairan sangat penting bagi tubuh. Normalnya cairan tubuh pada manusia adalah 60% dari total berat badannya.

Menurunnya fungsi ginjal

Kekurangan cairan juga akan berdampak pada kesehatan ginjal. Kekurangan cairan tubuh akan membuat ginjal bekerja jauh lebih keras karena darah di dalam tubuh cenderung lebih kental. Dalam jangka panjang hal ini dapat merusak ginjal.

Mata dan pipi terlihat cekung

Kekurang cairan juga akan berdampak pada perubahan raut muka. Ketika dehidrasi biasanya mata atau pipi akan terlihat lebih cekung. Area mata akan lebih menghitam dan kulit pada wajah akan terlihat semakin tirus dari biasanya.

Kejang

Salah satu efek dari dehidrasi adalah kejang. Hal tersebut dikarenakan kadar elektrolit dalam tubuh menurun ketika tubuh kekurangan cairan. Jika seseorang mengalami dehidrasi yang cukup parah, bisa mengakibatkan gagal jantung hingga kematian.

Kurang fokus

Ketika tubuh mengalami dehidrasi, kerja otak juga akan melemah dan timbul lah perasan bingung. Dehidrasi juga akan mengakibatkan sering lupa dan cadel ketika berbicara. Jika sudah sampai seperti ini, harus segera dibawa ke dokter dan perlu perhatian khusus.

Feses keras

Dehidrasi juga bisa dilihat dari feses manusia. Ketika feses lebih keras dan beebentuk seperti pelet kecil salah satu tanda tubuh mengalami dehidrasi. Hal ini ditimbulkan karena feses berada lebih lama di usus, ketika berada di usus besar ada proses pengekstrak-an air dari tinja yang membuat feses sulit untuk keluar dan dalam jumlah sedikit.

Kekurangan darah

Ketika tubuh mengakai kekurangan cairan yang cukup parah, tubuh akan mengalami syok hipovolemik. Kondisi ini sangat berbahaya dan harus cepat mendapatkan penanganan medis. Syok hipovolemik terjadi ketika tubuh tidak mampu menyuplai darah ke jantung untuk memompa oksigen ke organ – organ vital. Hal ini berdampak pada penurunan tekanan darah dan kerusakan otak bahkan kematian.