Hallo Sahabat Shimizu! Mandi atau membersihkan badan merupakan salah satu hal yang penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh. Mandi selain menjadikan badan lebih bersih mandi juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh seperti meningkatkan kinerja jantung dan memberi energi, mempercantik kulit dan rambut, melancarkan sirkulasi darah, menurunkan berat badan, menghilangkan pegal – pegal, mengurangi stress dan banyak lainnya.

Kegiatan membersihkan badan seperti mandi minimal dilakukan 2 kali dalam sehari. Waktu yang terbaik untuk mandi adalah ketika pagi hari karena tubuh ketika malam hari banyak mengeluarkan keringat tanpa kita sadari. Mandi di pagi hari akan membuat kalian lebih bersih dan segar dan meningkatkan mood untuk beraktivitas. Dan mandi di sore atau malam hari sepulang beraktivitas di luar rumah, mandi akan membantu menghilangkan kotoran, keringat dan polusi yang menempel sepanjang hari. Tidur dalam keadan bersih juga kan meningkatkan kualitan tidur Sahabat.

Tapi taukah kamu mandi malam juga dapat berbahaya bagi tubuh. Berikut beberapa masalah yang akan ditimbulkan jika mandi terlalu malam:

Pemicu Asam Urat

Mandi malam dengan air dingin dapat menyebabkan penyakit asam urat. Walupun menyegarkan mandi dengan air dingin akan membuat sendi – sendi terasa nyeri. Hal ini banyak terjadi pada orang tua atau orang usia lanjut karena semakin bertambahnya usia, cairan di sendi akan mengalami perubahan komposisi.

Memicu Paru – paru Basah

Sering mandi malam apalagi larut malam akan memicu penyakit paru – paru basah apalagi mandi dengan air dingin. Setalah mandi sahabat akan merasakna masalah pernafasan seperti batuk, sesak dan gangguan lainnya.

Penuaan Dini

Sering melakukan mandi di malama hari bisa jadi memicu gangguan metabolisme pada tubuh. Hal ini bisa berimbas pada proses metabolisme lemak yang tidak lancar dan pada jangka panjang hal ini bisa menyebabkan kulit berkeriput.

Rematik

Sering mandi malam bisa menjadi salah satu faktor munculnya penyakit rematik pada seseorang. Penyakit rematik terjadi pada peradangan sendi yang mengakibatkan sakit pada persendian. Para pakar kesehatan belum bisa memastikan pasti penyebab dari penyakit rematik itu sendiri, tetapi diyakini bahwa rematik diakibatkan oleh penyakit kelainan genetik.

Demam dan Pilek

Di malam hari suhu tubuh cenderung lebih panas sehingga pori – pori kulit akan terbuka. Dalam keadaan suhu tubuh tinggu atau panas sangat tidak disarankan untuk mandi apalagi mandi dengan menggunakan air dingin. Mandi malam menggunakan air dingin ini akna membuat sistem kekebalan tubuh menurrun sehingga lebih rentan terkena virus dan menyebabkan demam, pilek ataupun masuk angin.

Photo: mindbodygreen.com