Hallo Sahabat Shimizu Yoga  merupakan olahraga tubuh dan pikiran. Yoga menggabungkan latihan pernapasan, meditasi, serta pose dan gerakan yang dirancang untuk memberikan efek relaksasi dan mengurangi stres.

Bagi Anda yang baru mencoba yoga, mungkin Anda akan sedikit bingung menentukan jenis yoga apa yang cocok untuk kamu. Semua jenis yoga pada dasarnya dapat membantu kamu menjadi lebih rileks, menghilangkan ketegangan tubuh, dan menenangkan pikiran. Sebelum Sahabat Shimizu memutuskan untuk melakukan yoga, tentu tidak ada salahnya untuk mengetahui lebih dulu apa saja manfaat yoga. Berikut adalah beberapa manfaat yoga:

  1. Mengurangi stres

Hampir semua jenis olahraga dapat membantu seseorang dalam mengatasi stres, begitu juga dengan yoga. Hal ini karena saat melakukan yoga, hormon kortisol yang diproduksi tubuh saat mengalami stres akan berkurang.

  1. Meningkatkan kebugaran

Tidak hanya dapat mengurangi stres, manfaat yoga lainnya adalah membuat tubuh menjadi lebih bugar, memperbaiki postur tubuh, serta menambah kekuatan tubuh, jangkauan gerak, dan kelenturan tubuh.

  1. Baik untuk penderita sakit jantung

Jika Anda memiliki risiko penyakit kronis, seperti tekanan darah tinggi atau penyakit jantung, yoga bisa menjadi olahraga yang cocok. Yoga dapat meningkatkan aliran darah dan melemaskan pembuluh darah, sehingga dapat meringankan beban kerja di jantung.

 

  1. Sakit punggung

Bagi Anda yang mengalami sakit punggung, yoga juga bisa menjadi pilihan olahraga yang tepat. Bahkan, jika Anda mengalami sakit punggung kronis sekalipun. Hal ini karena gerakan peregangan tubuh yang ada pada yoga dapat membantu Anda melenturkan tubuh.

  1. Meringankan gejala asma

Asma yang kambuh dapat sangat mengganggu dan cukup menyiksa. Untuk mengatasinya cobalah untuk melakukan yoga secara rutin. Pada penderita asma ringan hingga sedang menunjukkan bahwa beberapa gerakan yoga yang berhubungan dengan pernapasan, seperti Pranayama, dapat membantu meringankan gejala asma. Tidak hanya itu, yoga juga dipercaya dapat meringankan gejala nyeri, migrain, dan membantu mengatasi insomnia.

Nah itu dia Sahabat Shimizu beberapa manfaat olahraga Yoga. Lakukan yoga secara rutin demi kesehatan jiwa dan raga. Namun jika sebelumnya Anda menderita kondisi kesehatan tertentu, ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mulai berlatih yoga.