Olahraga Renang – Merupakan salah satu jenis olahraga kardio atau olahraga yang dilakukan berulang-ulang secara teratur. Renang merupakan olahraga yang banyak digemari, salah satu daya tariknya karena dilakukan di dalam air.

Saat berada di dalam air, tubuh manusia akan terasa lebih ringan, selain itu karena dilakukan di dalam air, olahraga renang terasa sangat menyenangkan. Jika olahraga renang dilakukan secara rutin, sahabat SHIMIZU akan mulai merasakan manfaatnya bagi tubuh kalian.

Bicara tentang renang, ternyata ada beberapa gaya yang bisa dilakukan atau dipraktekkan oleh sahabat SHIMIZU yang ingin mulai berolahraga renang, Beberapa gaya renang ini mungkin sudah biasa dilakukan, namun setiap gaya renang memiliki manfaat tersendiri bagi tubuh sahabat SHIMIZU. Kira kira, apa saja ya manfaat dari setiap gaya renang? berikut penjelasannya.

1. Gaya Dada atau Katak

Bermanfaat untuk menghilangkan stress, menjaga kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh dan bisa juga untuk menurunkan berat badan.

2. Gaya Bebas

Bermanfaat untuk menambah tinggi badan jika dilakukan secara rutin, melatih otot otot dan juga memperkuat pernafasan kita.

3. Gaya Punggung

Bermanfaat untuk membuat tubuh kita menjadi lebih lentur jika dilakukan secara rutin.

4. Gaya Kupu-Kupu

Bermanfaat untuk melatih otot tangan dan bisa juga berguna untuk melangsingkan tubuh. 

Manfaat Renang Bagi Tubuh

Sama seperti jenis-jenis olahraga lainnya, berenang dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. 

Berikut ini penjelasan manfaat dari olahraga renang:

  • Menyehatkan Jantung

Manfaat renang bagi jantung cukup tinggi, berenang dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh serta kemampuan tubuh dalam menggunakan oksigen. Dampaknya tidak hanya terasa pada jantung saja, kalau dilakukan secara rutin dan benar, olahraga renang bisa membantu memelihara fungsi organ-organ vital tubuh dan menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

  • Membangun Massa Otot dan Menguatkan Tulang

Ketika berenang seluruh anggota tubuh akan bergerak untuk melawan tekanan di dalam air. Hal ini akan meningkatkan kelenturan dan massa otot tubuh. Selain itu berenang juga bisa mengurangi nyeri akibat peradangan pada sendi tulang. Jika sahabat SHIMIZU memiliki masalah radang sendi maka disarankan untuk rutin berenang guna mencegah resiko tulang keropos atau osteoporosis.

  • Menambah Energi 

Membantu menambah energi, terutama bila sahabat SHIMIZU memiliki gaya hidup yang kurang berolahraga. Cukup dengan berenang selama 30 menit per harinya dan tiga kali dalam seminggu, maka sahabat SHIMIZU akan merasakan perbedaan pada tingkat energi di dalam tubuh.

  • Menurunkan Berat Badan

Kegiatan berenang juga bisa terasa tidak melelahkan karena saat di dalam air, pergerakan tubuh jadi leluasa. Jika sahabat SHIMIZU lagi berusaha menurunkan berat badan, maka renang adalah pilihan terbaik karena membakar kalori di dalam tubuh.

  • Menghilangkan Stress

Berenang bisa jadi pilihan yang tepat, sebab berolahraga di dalam air rasanya berbeda dengan berolahraga di darat, seperti lari atau bersepeda. Selain itu berenang juga bermanfaat untuk melatih pernafasan dan melenturkan otot – otot tubuh sehingga badan akan menjadi lebih rileks serta mengurangi rasa stress. 

Supaya bisa merasakan manfaat dari olahraga renang secara optimal, pastikan sahabat SHIMIZU melakukannya dengan rutin dan benar ya!