News & Artikel

Corporate Social Responsibility

Resolusi #SaveWater 2018

Dibaca : 211
Resolusi #SaveWater 2018

Sobat Shimizu, tahun 2018 sudah datang. Anda pastinya sudah membuat resolusi yang hendak dicapai, kan? Namun, apakah Anda juga sudah menetapkan resolusi #SaveWater di tahun baru ini?

Air adalah sumber daya alam yang sangat vital bagi makhluk hidup. Meskipun air selalu mengalami siklus, persediaannya harus tetap dijaga agar nantinya tidak terjadi krisis air. Salah satu upaya untuk menjaga stok air adalah dengan melakukan penghematan. Tidak sulit melakukannya karena Anda bisa memulainya dari hal-hal sederhana berikut:

1.  Mematikan Keran

Salah satu hal yang membuat banyak air terbuang sia-sia adalah karena lupa mematikan keran. Karena itu, apabila keran sudah tidak dipakai, langsung matikan. Begitu pun saat menggosok gigi. Lebih hemat bila menampung air untuk berkumur di dalam gelas dibanding membiarkan keran terus menyala. Selain itu, langsung perbaiki keran jika terjadi kebocoran.

2. Batasi Waktu Mandi

Mandi menjadi aktivitas yang menyenangkan bagi sebagian orang, hingga membuat mereka bisa menghabiskan waktu yang lama di dalam kamar mandi. Padahal, semakin lama orang di kamar mandi, maka semakin besar juga peluang air untuk terbuang. Karena itu, mulai hilangkan kebiasaan ini. Batasilah waktu mandi. Selain itu, mulailah beralih ke shower dibanding menggunakan gayung. Sebab, dengan shower air bisa dihemat semaksimal mungkin.

3. Keran Aerator

Cara berikutnya untuk menghemat air adalah dengan memasang keran aerator.  Saringan mesh aerator keran membantu untuk menghemat air dengan mencegah sebagian kecil air yang mengalir dari keran. Tidak seperti beberapa perangkat aliran rendah yang membatasi aliran air dan mengurangi tekanan air, aerator keran mengurangi jumlah air yang digunakan, namun tekanan air dari keran tetap terasa.

4. Selang Bertekanan Tinggi untuk Mencuci Mobil

Penggunaan selang bertekanan tinggi untuk mencuci mobil diyakini mampu menghemat air hingga 80 persen. Selain itu, juga akan menghemat banyak waktu untuk mencuci.

5. Gunakan Kembali Air

Seringkali air yang sudah kita gunakan langsung dibuang begitu saja. Padahal beberapa jenis air limbah, seperti air bekas mencuci buah dan sayur, juga bisa dimanfaatkan lagi. Tampung air bekas tersebut di dalam baskom, kemudian gunakan untuk menyiram tanaman.

Source: https://www.cermati.com

Thank you for visiting SHIMIZU website and we hope you will enjoy it.
We also encourage you to join SHIMIZU Indonesia Facebook community.

Please click the "Like" button below to stay updated with all our activities.
click here to allow SHIMIZU get your basic information