News & Artikel

Corporate Social Responsibility

Nemo’s Garden, Kebun di Bawah Laut

Dibaca : 194
Nemo’s Garden, Kebun di Bawah Laut

Sobat Shimizu, seperti yang kita tahu, pada umumnya kebun berada di atas tanah. Lantas, bagaimana jadinya kalau ada kebun di dasar laut? Yuk, kita intip keunikan Nemo’s Garden ini!

Ide unik ini muncul dari Presiden Ocean Reef Group, Sergio Gamberini pada tahun 2012 lalu. Ketika sedang berlibur, Sergio tiba-tiba kepikiran untuk membuat sebuah kebun di bawah laut. Angan-angan tersebut tidak asal lewat begitu saja.

Selanjutnya, Sergio bersama rekan-rekannya mulai merealisasikan konsep unik tersebut. Mereka mengawalinya dengan membuat balon transparan. Balon itu lantas dibawa ke kedalaman kurang lebih 10 meter di wilayah Savona, Italia. Di bawah laut, balon transparan itu lalu dikembangkan menjadi rumah kaca. Mereka pun mulai menanam berbagai sayuran di dalamnya, seperti tomat, kacang-kacangan, dan selada.

Selain akan menyediakan sumber makanan, kebun ini juga sangat ramah lingkungan. Karena laut bebas hama, maka kebun ini tidak lagi membutuhkan pestisida seperti kebun lain pada umumnya. Padahal, penggunaan pestisida akan menghasilkan emisi karbon dioksida.

Lebih dari itu, tanaman di Nemo’s Garden juga tidak memerlukan air segar dari daratan. Tanaman di sini memanfaatkan air dari proses desalinasi air laut alami. Di dalam balon, air laut akan menguap dan mengendap menjadi air tawar. Air tawar yang berada di bagian atas balon akan menetes dan membasahi tanaman, seperti hujan.

Belum berhenti sampai di situ. Nemo’s Garden juga dijamin lebih hemat energi listrik. Jika tanaman konvensional pada umumnya menggunakan pengatur suhu dan pencahayaan buatan, maka tidak dengan kebun bawah laut ini. Karena itu, Nemo’s Garden juga bisa menghemat biaya penggunaan listrik.

Nah, apakah Sobat Shimizu ada yang tertarik membuat kebun serupa?

Source: http://bobo.grid.id

Thank you for visiting SHIMIZU website and we hope you will enjoy it.
We also encourage you to join SHIMIZU Indonesia Facebook community.

Please click the "Like" button below to stay updated with all our activities.
click here to allow SHIMIZU get your basic information