News & Artikel

Corporate Social Responsibility

Mengintip Negara-Negara dengan Teknologi Air Paling Mutakhir

Dibaca : 261
Mengintip Negara-Negara dengan Teknologi Air Paling Mutakhir

Kondisi kekeringan yang melanda sebagian wilayah di bumi, membuat beberapa negara mulai menunjukkan langkah nyata untuk mengatasinya. Tak hanya sekadar langkah sederhana, negara-negara ini juga menciptakan teknologi paling mutakhir untuk mengatasi krisis air. Tiga metode yang digunakan adalah desalinasi, konservasi air, dan daur ulang air.

1. Arab Saudi

Arab Saudi telah lama dikenal sebagai produsen desalinasi air asin terbesar di dunia. Desalinasi merupakan proses penghilangan kadar garam berlebih di dalam air, sehingga nantinya bisa dikonsumsi oleh makhluk hidup. Kini, Arab Saudi telah maju ke level berikutnya dengan mengenalkan desalinasi menggunakan energi solar. Tahun 2019 mendatang, negara ini ingin semua proses desalinasi menggunakan teknologi solar.

2. Israel

Israel selalu tampil sebagai yang terdepan dalam teknologi konservasi air karena sebagian besar wilayahnya berupa gurun. Negara ini mendaur ulang 85 persen dari total air limbah yang tersedia. Bahkan, pada tahun 2020 mendatang diperkiraan bahwa 50 persen kebutuhan air pertanian di negara ini berasal dari air limbah.

3. Inggris

Inggris membuat teknologi canggih yang memungkinan warganya untuk memantau penggunaan air mereka secara online. Teknologi ini memberikan informasi lebih rinci tentang bagaimana air digunakan dan dalam jumlah berapa. Ini akan membuat warga lebih sadar akan pemakaian air mereka, sehingga nantinya mereka bisa lebih bijak dalam penggunaan air.

4. Amerika Serikat

Di California pernah terjadi sebuah kondisi kekeringan yang bersejarah. Oleh karena itu, negara pun langsung mengambil langkah besar dengan membangun pabrik desalinasi terbesar di belahan barat. Pabrik ini akan mengelola 50 juta galon air laut per hari melalui pipa sepanjang 10 mil.

Source: https://www.fromthegrapevine.com/innovation/5-countries-cutting-edge-water-technology

Thank you for visiting SHIMIZU website and we hope you will enjoy it.
We also encourage you to join SHIMIZU Indonesia Facebook community.

Please click the "Like" button below to stay updated with all our activities.
click here to allow SHIMIZU get your basic information