News & Artikel

Corporate Social Responsibility

CANGGIH! ROBOT INI DAPAT MENCEGAH KRISIS AIR!

Dibaca : 320
CANGGIH! ROBOT INI DAPAT MENCEGAH KRISIS AIR!

Krisis air yang berasal dari kebocoran pipa tak terduga sekarang bisa ditanggulangi. Seperti yang dilansir oleh CNN Indonesia, seorang  pria asal China menciptakan robot yang bisa menemukan kebocoran di saluran pipa air. Pria lulusan Massachusetts Institute of Technology bernama You Wu ini mengatakan robot bergerak dengan air melalui pipa. Bagian tangan robot dapat menyentuh pipa dan merasakan lubang yang disebabkan oleh kebocoran.

Sesungguhnya banyak metode untuk mendeteksi kebocoran pipa. Salah satu metodenya adalah dengan mendengarkan suara yang dihasilkan dari getaran pipa air dan pengurangan tekanan. Akan tetapi, Wu mengatakan metode ini tidak efektif, apalagi jika digunakan di kota yang memiliki tingkat kebisingan tinggi. Wu meyakini, robot buatannya efektif bekerja di kota maupun di daerah pinggiran kota.

Robot yang diberi nama Lighthouse ini telah diuji di Arab Saudi, Virginia, dan Inggris. Robot Lighthouse baru baru ini dinobatkan sebagai pemenang dari James Dyson Award, sebuah kompetisi desain internasional. Wu berharap dapat menempatkan peralatan robot Lighthouse ke tangan teknisi lapangan di setiap kota di seluruh dunia, sehingga setiap kota di dunia dapat mengurangi kehilangan air karena kebocoran dan mendukung pertumbuhan populasi lebih banyak. Luar biasa ya, Sobat Shimizu!

 

Thank you for visiting SHIMIZU website and we hope you will enjoy it.
We also encourage you to join SHIMIZU Indonesia Facebook community.

Please click the "Like" button below to stay updated with all our activities.
click here to allow SHIMIZU get your basic information